8.29.2011

Ciri-ciri Sejarah

Cara berpikir sejarah berbeda dengan cara berpikir Ilmu Pengetahuan Alam. Mengapa? Karena cara berpikir sejarah akan selalu berkaitan dengan masa lampau sementara, IPA akan berkaitan dengan masa kini.
Sebagai suatu pelajaran, sejarah meneliti sepanjang kehidupan manusia. Sejak pertama kali muncul hingga sekarang. Dalam kehidupan manusia, peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang abadi, unik, dan penting. Ciri-ciri sejarah adalah:
1. Peristiwa yang abadi, karena peristiwa tersebut tidak akan pernah berubah dan tetap dikenang sepanjang masa. Contoh: Konferensi Meja Bundar (KMB) selamanya hanya terjadi pada 23 Agustus 1949 sampai 02 November 1949, tidak mungkin berubah menjadi tanggal 07 Mei 1949 (pada tanggal itu terjadilah Persetujuan Roem-Royen).
2. Peristiwa yang unik, karena hanya terjadi 1 kali dan tidak akan terulang persis sama untuk kedua kalinya. Contoh: Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2. Judulnya memang sama-sama ''Perang Dunia'' namun, kalau kita lihat dari pemicu perang, negara-negara yang ikut perang, dan alat-alatnya pasti akan berbeda, itulah perbedaannya yang membuat unik 2 peristiwa ''Perang Dunia'' tersebut.
3. Peristiwa yang penting, karena peristiwa sejarah adalah peristiwa yang penting dan dapat dijadikan momentum karena memiliki arti dalam kehidupan orang banyak. Contohnya: Peristiwa Proklamasi yang terjadi pada hari Jum'at tanggal 17 Agustus 1945 di Jl. Pegangsaan Timur nomor 56 Jakarta pukul 10.00 pasti akan terus kita kenang karena pada hari itu, pada detik itu, dan pada tempat itu Indonesia menyatakan ''Kemerdekaan Indonesia'' dari cengkraman penjajah.

Tidak ada komentar: